Selasa, 30 Juli 2024

BIOGRAFI MOHAMAD YUSUF, SH Ketua Umum Lembaga Investigasi Negara

JAKARTA - Namanya adalah MOHAMAD YUSUF beliau adalah Pendiri dan juga sebagai KETUA UMUM Dewan Pimpinan Pusat LEMBAGA INVESTIGASI NEGARA ( DPP - LIN ), lahir di daerah Curug, Tangerang, Banten pada tahun 1969, putra ke 2 dari 6 Bersaudara yang beristerikan seorang pendidik yang bernama Susan Sugiarti, S.Pd dan sudah dikarunia 4 orang anak dan 1 orang cucu.

Beliau pernah belajar di SMA Negeri 1 di Kota Tangerang alumni tahun 1989 dan kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum dan  Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Tangerang. Selain itu beliau juga berprofesi sebagai seorang Pengacara / Advokat, ini dilakukan agar beliau juga mampu dan bisa menolong masyarakat yang butuh bantuan hukum, terutama terhadap orang-orang yang tidak mampu. Dan untuk itulah beliau pun membentuk PERHIMPUNAN BANTUAN HUKUM Lembaga Investigasi Negara ( PBH-LIN ) yang pengurus dan anggotanya di Pusat saja mencapai lebih dari 80 orang Advokat, belum yang di daerah baik tingkat Provinsi ataupun tingkat Kabupaten / Kota.

Mengenal sosok beliau sangatlah menyenangkan karena orangnya berperangai kalem, bijaksana dan sangat low profil tetapi tegas dalam mengambil keputusan demi kepentingan bersama.

Beliau tipe orang yang tidak langsung termakan hasutan orang dan lebih mengedepankan informasi dari kedua belah pihak dalam menyikapi suatu masalah, sehingga beliau lebih bijak dalam mengambil suatu keputusan.

Beliau adalah seorang aktifis tulen karena menjadi seorang aktifis adalah suatu keharusan baginya dan hal ini telah dilakukannya sejak masih duduk di bangku SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi sudah aktif di beberapa kegiatan dan organisasi Ektrakurikuler ataupun di masyarakat. Dan saat sekarang beliau adalah tokoh yang cukup dikenal di kalangan aktifis di Kabupaten Tangerang dan Banten. Walaupun sifatnya tidak mau dikenal orang tapi sebagian besar masyarakat Tangerang atau Banten terutama di kalangan para Ketua dan Pengurus Ormas atau pun Lembaga cukup mengetahui sosok beliau.

Sebelum menjadi Pendiri atau Ketua Umum DPP LIN, beliau pernah menjadi Ketua ataupun Pengurus beberapa Ormas atau Lembaga dari mulai tingkat paling bawah yaitu setingkat Desa/Kelurahan sampai akhirnya menjadi seorang Pucuk Pimpinan suatu Lembaga secara Nasional. Dan sampai saat ini beliau pun masih menjadi Pembina dan Penasehat Hukum di beberapa Ormas atau Lembaga dan juga di beberapa Media Online atau Media Cetak.

Selain berkiprah di bidang Organisasi beliau pun pernah berkecimpung di bidang Politik dengan menjadi salah satu Pendiri Partai Politik ataupun Pengurus Partai Politik baik tingkat Kabupaten/ Kota, tingkat Provinsi ataupun tingkat Nasional. Walaupun sampai saat ini masih banyak tawaran dari beberapa Ketua dan Pengurus Partai Politik untuk bergabung, akan tetapi untuk saat ini beliau lebih fokus kepada Lembaga yang telah didirikannya agar lebih maju, berkembang dan bisa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.

Menurut bang YUSUF ( begitu kami menyapanya) bahwa LEMBAGA INVESTIGASI NEGARA atau lebih dikenal dengan singkatan LIN adalah merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang INFORMAN SIPIL yang bertujuan agar segenap anggotanya diharapkan dapat membantu Badan Negara dalam melakukan pengawasan serta pelaporan di bidang investigasi, hukum maupun pengamatan lingkungan serta menerima pengaduan dan membantu masyarakat dalam berbagai masalah yang terjadi.

Lembaga ini didirikan dengan tujuan agar adanya jalinan Silaturahmi Nasional antar anak bangsa. Maka apabila tujuannya untuk Silaturahmi, sudah sangat jelas sekali di dalam dan di luar tubuh organisasi tidak boleh adanya sifat dzolim antar pengurus/anggota dan terhadap masyarakat akan tetapi lebih mengedepankan rasa kekeluargaan.

Lembaga Investigasi Negara ( LIN ) lahir karena rasa kepedulian masyarakat sipil dan para mantan aparat negara/pemerintahan karena semakin lunturnya rasa nasionalisme, banyaknya pertikaian-pertikaian RAS diantara anak bangsa dan maraknya permasalahan-permasalahan di Pusat maupun di daerah yang tidak ada penyelesaiannya, sehingga disini LIN berkewajiban untuk membantu permasalahan tersebut bisa diselesaikan dan tidak berlarut-larut, karena hal tersebut bisa mengancam keutuhan NKRI serta bisa mengarah terjadinya disintegrasi bangsa.

LIN berdiri atas prakarsa para aktifis berani lapor yang sering membantu badan negara sebagai INFORMAN SIPIL dan perkumpulan ini digagas sejak bulan Januari 2017, dan secara resmi di Akta Notaris kan pada tanggal 31 Oktober 2017 di kantor Notaris Deni Nugraha SE, SH, M.Kn dan disyahkan dengan Keputusan Menteri Hukum dan HAM pada tanggal 2 Nopember 2017 dengan  nama LEMBAGA INVESTIGASI NEGARA.

Sampai saat ini LIN sudah berdiri di 34 Provinsi seluruh Indonesia dan 120 lebih tingkat Kabupaten/Kota, yang sekarang terus berkembang dengan target satu atau dua bulan kedepan sudah rampung semua tingkat DPD atau Provinsi terbentuk.

LIN adalah wadah pelatihan yang setiap anggotanya diharapkan dapat menjadi INFORMAN SIPIL dan memiliki keahlian yang dapat membantu badan negara seperti KPK - POLRI- BIN - BNN – BNPT - INTELKAM - TNI – KPAI - KOMNAS HAM.

LIN yang secara hakikat lahir dan hadir dalam realitas sosial untuk memberikan landasan gerak  pada dimensi ruang dan waktu pengaktualan segenap potensi aksidentil, yang berbasis pada informasi-informasi publik. Sebagai organisasi inteligen yang berlandaskan pada jaringan informan publik , maka dalam setiap kebijakan dan program-programnya, seharusnya dilakukan dengan sadar dan terencana dengan mempertimbangkan segala aspek yang ada. 

LIN dibentuk berdasarkan kondisi yang berada dilingkungan organisasi tersebut yang tetap mengacu pada keutuhan NKRI. Tujuan dasar organisasi sebagaimana yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) LIN, hanya dapat diwujudkan dengan usaha-usaha yang teratur, terencana dan berkesinambungan dalam sebuah sentuhan manajemen organisasi yang professional. Implementasi fungsi-fungsi menejerial dalam sebuah aktivitas kelembagaan organisasi merupakan penentu utama bagi terciptanya tujuan organisasi. Oleh sebab itu kemampuan personalia pengurus organisasi dalam planning, organizing, actuating dan controlling sebagai sebuah bangunan sistem merupakan keharusan yang harus tercipta dalam mengawal perjalanan roda organisasi. Planning organisasi sebagai sebuah tahapan awal yang harus dilalui dalam perjalanan organisasi hendaknya dirumuskan secara utuh dengan senantiasa memperhatikan seluruh sisi dan aspek organisasi dengan segala peluang dan keterbatasan yang dimiliki oleh organisasi. Untuk itu Planning organisasi yang dirumuskan diatas seluruh bangunan asumsi sebagai sebuah hasil pembacaan terhadap realitas yang melingkupi organisasi tersebut. Sisi lain dari manajemen organisasi adalah Organizing atau pengorganisasian seluruh elemen dalam sebuah organisasi. Penciptaan beberapa elemen struktur dalam sebuah organisasi harus senantiasa mempertimbangkan bagaimana sehingga elemen-elemen struktur dalam organisasi tersebut dapat mendukung terciptanya kultur dan mekanisme kerja organisasi yang efektif. Dalam rangka menciptakan efektifitas kerja dari seluruh elemen struktur dalam sebuah sistem dan mekanisme kerja antar elemen struktur organisasi tersebut secara professional dan proporsional. Demikian halnya dengan proses actuating atau proses realisasi program kerja organisasi oleh seluruh elemen struktur dalam organisasi tersebut hendaknya ditata dalam sebuah manajemen kerja dengan pembagian tugas ( job description ), tanggungjawab dan kewenangan secara jelas dan betul-betul mencerminkan sebuah sistem kerja organisasi.

Dan bang Yusuf berharap semoga LIN selalu menjadi mitra yang baik dengan TNI, POLRI, para Pengusaha dan Masyarakat Indonesia, juga sebagai Lembaga Sosial Kontrol yang baik, lurus, bersih, bijaksana dan tegas dalam setiap langkah dan geraknya serta loyal dan setia terhadap kedaulatan NKRI.

Dalam setiap langkahnya LIN lebih mengedepankan Supremasi Hukum dan kemitraan dan juga tidak lengah dan selalu waspada dalam Pengawasan terhadap oknum-oknum aparat atau masyarakat yang selalu merugikan negara dan ingin memecah belah Persatuan dan Kesatuan NKRI.

Demikian yang disampaikan Bang Yusuf sebagai Ketua Umum DPP Lembaga Investigasi Negara dan juga sekilas tentang Biografi nya. 

B.D

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.