Jumat, 05 Juli 2024

Ciptakan Situasi Aman Untuk Hadapi PSU Di 31 TPS Tambusai Utara, Kapolres Rohul Gelar Duduk Besilo, Cooling System Dan Doa Bersama

ROKAN HULU - Untuk menciptakan situasi aman dan kondusif,  dalam menghadapi PSU di 31 TPS Desa Tambusai Utara, digelar kegiatan Duduk Besilo, Cooling System dan doa bersama  Kapolres Rokan Hulu (Rohul) Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH.

Kegiatan digelar Jumat (5/7/2024) sekitar pukul 15.00 Wib,  di Balai Adat Rantau Kasai Desa Tambusai Utara, dihadiri  Dandim KPR, diwakili Danramil Tambusai utara Kapten Inf Lilik Haryono,  Kasat Intelkam  AKP Bunyamin SH, Sekretaris Dewan Kehormatan Adat LAM R Datuk Samsul Bahri,  Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Harian LAM R Datuk Tasmid, MP, Kapolsek Tambusai utara Iptu Heri Sitorus SH, Camat Tambusai Utara H Mastur S Sos M Si, Ketua LKA Tambusai Utara H Bahrun.

Kemudian, para, Toko Masyarakat, Agama Adat, Perempuan dan Kepemudaan, Pengasuh Ponpes Chasanul Hidayah KH Ahmad Nasruddin, Ketua Panwascam Tambusai Utara, Syaifuddin Bj Daulay, Ketua PPK Tambusai Utara Budi Rianto, Panitia Pemilihan Tambusai Utara.

Tampak juga, Panitia Pemungutan Suara Desa Tambusai Utara,  Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Untuk Pemilihan Suara 31 TPS, Manager Kebun Batang Kumuh 1, Kumuh 2, Kebun Rantau Kasai dan Karya Perdana PT Torganda dan  Pucuk Suku Induk dalam, Sembilan dan Majorokan.

Dalam kesempatan itu, Plt Kepala Desa Tambusai Utara Abdul Mutholib menyampaikan,  Masa jabatan Dirinya sebagai Plt akan berakhir 8 Juli 2024. Sementara Tahapan SPU sudah dilaksanakan dan sampai saat ini masih aman dan Kondusif sampai selesainya PSU. 

"Kami harapkan, tanggungjawab dalam pelaksanaan PSU di 31 TPS,  termasuk partisipasi meningkat dari sebelumnya, maka hal ini akan menjadi tugas yang berat oleh penyelenggara," katanya.

Kemudian,  Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Harian LAM R Rohul Tasmid, MP Gelar Podano Montori, mengatakan Duduk Besilo yang dimaksud menyatukan persepsi agar dalam tahapan pelaksanaan PSU di 31 TPS Desa Tambusai Utara berjalan aman dan kondusif. 

Dia berpesan dalam PSU berjalan aman dan Kondusif akan tetapi  sebagai Masyarakat harus menjaga situasi yang sejuk. 

"Giat ini merupakan ide dari Kapolres Rohul sehingga diharapkan  berjalan dengan sukses.  Kita berharap partisipasi meningkat, kedepannya kami  semoga kedamaian di Desa Tambusai Utara hingga PSU aman dan kondusif," tuturnya.

Di tempat yang sama, arahan dan bimbingan dari Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono SIK MH, menerangkan maksud dan tujuan pelaksanaan Cooling System dan doa bersama agar para tokoh memberikan suasana yang sejuk selama tahapan PSU.

"Kami harap,  jangan sampai partisipasi pemilih makin menurun dari sebelumnya oleh karena ini penyelenggara wajib bekerja keras," tuturnya.

Lanjutnya, Polres Rohul dalam pelaksanaan pengamanan TPS menerapka pola PAM TPS PSU yaitu pola khusus yaitu .5 Polisi  untuk 1 TPS dan 2 Linmas agar mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan bukan untuk menakuti pemilih. 

"Sasaran pengamanan yaitu 31 TPS,  Gudang Logistik KPU,  Kantor Bawaslu, KPU, Kantor PPK Tambusai serta pengamanan di Akses masuk PT Torganda sebanyak Sembilan Pos Pintu masuk, guna mengantisipasi gangguan Harkamtibmas," terang AKBP Budi.

Diterangkan Perwira dengan Dua Melati ini, potensi kerawanan antara lain  money Politik,  kecurangan penyelenggara PSU KPU atau Bawaslu,  keberpihakan Pihak Perusahaan. "KPU Rohul telah melaksanakan pemutakhiran DPT PSU,  Terdapat TPS yang jauh dan signal HP tidak ada, baik seluler dan Internet," ungkapnya.

"Pihak Perusahaan agar memberikan Izin kepada karyawan untuk datang ke TPS pada  13 Juli 2024.  Apabila ada yang memfasilitasi dalam mobilisasi masa untuk berangkat ke TPS itu merupakan pidana dan melanggar hukum.  Serpas pasukan akan dilakukan pada  11 Juli dengan tambahan pasukan Brimob serta penambahan Personil oleh Rekan-rekan TNI," jelas Kapolres 

"Siapapun yang membuat gaduh akan berhadapan dengan Kami TNI Polri,  kita boleh berbeda dalam memilih tapi jangan sampai kita terpecah.  Untuk mempermudah dalam pengawasan dan pengendalian lokasi TPS yang dibagi dalam 4 zona, yaitu  Zona 1 Perkebunan Rantau Kasai PT Torganda, Zona 2 .Perkebunan Batang Kumu I PT Torganda, 

Zona 3  Perkebunan Batang Kumu II PT Torganda dan  Zona 4  Perkebunan Karya Perdana PT Torganda," rincinya 

Ditambahkannya, Polres Rohul akan melakukan kegiatan Intelijen yang dimaksimalkan, guna terciptanya situasi yang kondusif pra, pada saat dan pasca PSU di Tambusai Utara. 

"Polres Rohul memback up KPU dsn Bawaslu dengan menugaskan Personil pengaman di Sembilan akses masuk ke Areal TPS, Areal PT Torganda masing-masing akses masuk sebanyak Satu Perwira dan Empat Bintara dengan rincian akses masuk, yaitu, Pos Mekar Jaya, Pos Simpang Torganda, Pos Rajawali, Pos Simpang Km 40, Pos Simpang 6,  Pos Simpang Tempur, Pos Simpang Jonder,  Pos Manggis Tobal dan  Pos Karya Perdana," urainya.

 Hal ini, sambungnya, merupakan untuk antisipasi terjadinya kerawanan yang akan membuat pelaksanaan PSU tidak berjalan dengan aman. "Kami mengharapkan kepada para tokoh, manger kebun mohon kiranya dibantu dalam pelaksanaan PSU sehubungan dengan gangguan Kamtibmas," katanya.

"Polres Rohul Netral dalam PSU dan melakukan pengaman dengan prinsip tidak underestimate  dan akan selalu melaksanakan Cooling System di semua pemuka Desa agar PSU berjalan aman dan Kondusif," tegasnya.

Selanjutnya Kapolres Rohul memukul Canang di mulai dan di akhiri acara sebanyak 7 Kali. Terlihat giat selesai Pukul 16.15 Wib. 

Humas Polres Rohul/Mardani Lubis /Hendra L

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.