Sabtu, 10 Agustus 2024

Bupati Bekasi Lepas Kirab Kebangsaan dan Pawai Budaya

KAB BEKASI - Pj Bupati Bekasi  Dani Ramdan melepas peserta Kirab Kebangsaan dan Pawai Budaya yang digelar dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-74 dan HUT RI ke-79 di Museum Gedung Juang, Tambun Selatan pada Jumat (09/08/2024).

Dani mengatakan, rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-74 dan HUT RI ke-79 diawali dengan star Kirab Kebangsaan dan Pawai Kebudayaan.

“Inilah kebanggaan kita semua semoga rasa kebangsaan kita, nasionalisme terus meningkat dan juga kecintaan kita kepada Kabupaten Bekasi terus menguat,” katanya.

Dia menegaskan, acara Kirab Kebangsaan dan Pawai Budaya, bukan hanya sekedar seremonial semata. Tapi mengajak semua masyarakat untuk memahami dan menghargai keragaman budaya, suku, agama dan adat istiadat di tengah masyarakat.

“Terlebih karena Kabupaten Bekasi mempunyai situs budaya, tempat ibadah dan tempat bersejarah yang patut kita lestarikan,” ujarnya.

Sementara ditempat yang sama, Kadis Budpora Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha mengatakan, kegiatan ini dibuka oleh Pj Bupati Bekasi secara simbolis dengan dibentangkan bendera Merah Putih sepanjang 79 meter.

“Ini adalah sebagai simbol gedung perjuangan Kabupaten Bekasi, dan titik transit di Dinas Pemadam Kebakaran,” terangnya.

Lebih lanjut kata dia, tahun ini ada yang berbeda dalam kegiatan tersebut, di antaranya membawa lukisan pejuang Indonesia dan Pahlawan Nasional Bekasi.

“Yaitu Pak Soekarno dan KH. Noer Ali, lukisan itu langsung digambar di tempat lokasi, yang menggambar tersebut adalah seniman muda asli asal Kabupaten Bekasi,” katanya.

Iman menyampaikan, peserta dari berbagai unsur yang terlibat dalam kegiatan Kirab Kebangsaan dan Pawai Budaya.

“Untuk pengamanan kita libatkan TNI/Polri, peserta dari Paskibraka, Pramuka, Kormi, Koni, Bapopsi, Karangtaruna, KNPI serta para pelajar di sekitar lokasi,” katanya.

Kegiatan ini nanti dilanjutkan di Central Park Meikarta dalam menampilkan seni budaya di berbagai daerah.

“Ya, nantinya akan di tampilkan seni-seni budaya dalam kirab budaya, baik dari Kabupaten Bekasi maupun dari daerah lain, sebagai rangkaian untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Bekasi ke-74 dan HUT RI ke-79,” katanya. 

(Joanna)

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.