Rabu, 04 September 2024

Danramil 431-01/Jebus menghadiri undangan pesta adat Rebokasan

BANGKA BARAT - Danramil 431-01/Jebus Lettu Inf Zulkifli menghadiri undangan pesta adat Rebokasan bertempat dilPantai Siaugau Dsn Pala Desa Teluk Limau Kec.Parittiga. kab. Bangka Barat. Rabu ( 04/09/2024 )

Hadir dalam kegiatan tersebut 

Camat Parittiga (Adhian Zulhajjany Elpurba,S.STP)., Kapolsek Jebus (Kompol Albert Daniel H Tampubolon,S.H)

.,Danpos Binpotmar (Peltu Sutisna)

.,Kades se-kec.parittiga.,Tokoh Agama dan tokoh masyarakat setempat.

Kegiatan Rebokasan dan Pesta Pantai ini di lakukan sudah turun temurun  oleh masyarakat Teluk Limau, adapun rangkaian kegiatan yg di lakukan Doa Tolak Bala di Masjid dengan tradisi nganggung ke Masjid, setelah Itu di lanjutkan acara hiburan Masyarakat di Pantai Teluk siangau Dsn Pala Desa Teluk Limau.

Rabukasan atau Rebokasan merupakan salah satu tradisi lokal yang hingga saat ini masih dilakukan sebagian besar masyarakat. Rabukasan sendiri dirayakan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar yang didasarkan pada penanggalan Kalender Hijriah.

Danramil 431-01/Jebus Lettu Inf Zulkifli mengatakan" Hari ini kerap dikaitkan dengan berbagai mitos dan kepercayaan, yang sering kali dianggap sebagai hari yang penuh musibah. Namun di sisi lain, diyakini bahwa pada hari tersebut juga diturunkan keberkahan serta perlindungan dari Allah.

Maka dari itu, tepat pada hari tersebut, masyarakat biasanya akan melakukan berbagai tradisi khusus dengan tujuan untuk menolak bencana, seperti khataman Al-Qur'an, doa bersama, selametan"Pungkasnya 

(Agus)

Sumber"Pendim 0431/Bangka Barat

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.